Komisi X Dpr Ri Perjuangkan Honor Honorer Dapat Rp 3 Juta Per Bulan

Nasib guru PNS dan honorer yang sangat timpang menjadikan keprihatinan Komisi X dewan perwakilan rakyat RI. Itu sebabnya, Komisi X tengah memperjuangkan semoga penghasilan honorer dapat Rp 3 juta per bulan.

"Kesejahteraan guru PNS dan honorer bagai langit dan bumi. Kami sudah membuat simulasi penghasilan guru honorer Rp 3 juta per bulan, dengan demikian diharapkan dana sekitar Rp 29 triliun untuk 860 ribu guru," ungkap Utut Adianto, pimpinan Komisi X dewan perwakilan rakyat RI dalam seminar nasional pendidikan, di Senayan, Selasa (26/4).

Dia sebut, selama ini DAU pendidikan Rp 142‎ triliun, sebagian besar (Rp 140 triliun) habis untuk bayar mengpenghasilan guru PNS. Sementara guru honorer tidak masuk alokasi dana pendidikan sehingga penghasilannya dibayar sesuka hati.

"Pada tanggal ‎10-12 Februari kemudian belasan ribu guru honorer K2 melaksanakan agresi demo besar-bemasukan. Tujuannya apa, menuntut peningkatan kesejahteraan dan status dari honorer menjadi PNS. Komisi X memikirkan dilema ini," ujarnya.

Politikus Fraksi PDIP ‎ini menambahkan, ada dana taktis Rp 15 triliun yang bekerjsama dapat dipakai untuk menuntaskan dilema honorer K2. Hanya saja dilema ini akan dibahas kembali dengan Mendikbud Anies Baswedan.

"Saya yakin, jika tiruana oke memakai dana taktis tersebut, dilema guru honorer K2 dapat tuntas. Sekarang tinggal kemauan kita bersama saja," tandasnya. (esy/jpnn)‎

0 Response to "Komisi X Dpr Ri Perjuangkan Honor Honorer Dapat Rp 3 Juta Per Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel