Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Penilaian Pembelajaran
Ditinjau dari bahasa, penilaian terjemahan dari kata evaluation yang diterjemahkan dengan “penilaian”, sehingga antara penilaian dan penilaian sanggup dipandang sebagai dua istilah yang semakna. Istilah lain penilaian sanggup diartikan suatu tindakan atau proses untuk memilih nilai dari suatu obyek. Evaluasi pembelajaran ialah suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran gosip untuk menilai keputusan-keputusan yang dibentuk dalam merancang suatu sistem pembelajaran. Pengertian tersebut di atas mempunyai implikasi- implikasi sebagai diberikut:
1) Evaluasi yakni suatu proses yang dilaksanakan terus menerus sebelum, pada saat, dan setelah pembelajaran
2) Proses penilaian senantiasa diarahkan ke tujuan tertentu yakni untuk mendapat jawabanan-jawabanan tentang bagaimana memperbaiki pembelajaran.
3) Evaluasi menuntut penerapan alat ukur yang akurat dan bermakna untuk mengumpulkan gosip yang diharapkan guna membuat keputusan.
Evaluasi pembelajaran mempunyai beberapa tujuan, antara lain:
1) Menentukan angka kemajuan atau hasil mencar ilmu siswa
2) Penempatan siswa ke dalam situasi pembelajaran yang sempurna dan harmonis dengan tingkat kemampuan, minat serta karakteristik yang dimiliki.
3) Mengenal latar belakang siswa (psikis, fisik dan lingkungan) yang mempunyai kegunaan bagi penempatan maupun penentuan penyebab kesusahan mencar ilmu siswa dan juga berfungsi sebagai masukan guru bimbingan konseling.
4) Sebagai umpan balik bagi guru yang pada saatnya sanggup dipakai dalam menyusun jadwal remedial dan pengayaan.
Evaluasi pembelajaran mempunyai fungsi sebagai diberikut:
1) Alat pengukur pencapaian tujuan pembelajaran
2) Alat mendiagnostik kesusahan mencar ilmu siswa.
3) Alat penempatan siswa sesuai minat dan talenta siswa.
0 Response to "Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Penilaian Pembelajaran"
Posting Komentar