Kriteria Guru Yang Dapat Menjadi Idaman Bagi Murid / Siswanya

Pengamat dan praktisi pendidikan Arief Rachman mengatakan, adanya UU Sisdiknas menuntut tenaga pendidik meningkatkan kompetensinya. Guru tidak spesialuntuk hadir ke sekolah menyodorkan tugas, menguji, dan mengusut hasil kerja siswa.

"Guru di era pembelajaran masa 21 dituntut punya kemampuan lebih terutama penguasaan teknologi," kata Arief yang juga ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Minggu (8/5).

melaluiataubersamaini teknologi, lanjutnya, banyak metode-metode pembelajaran gres di mana sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Selain itu saluran siswa mendapatkan warta lebih ‎besar.

"Teknologi bisa membuat penerima didik memetakan agenda dengan langkah mereka sendiri. Mereka juga bisa mengendalikan dan mengelola pembelajaran mereka sendiri. Kalau guru-guru tidak bisa mengakrabkan diri dengan teknologi akan tersingkir dengan sendirinya," paparnya.

Ada tiga kriteria yang harus dimiliki guru untuk menarikdanunik hati siswa. Yaitu berorientasi pada siswa, dinamis, dan demokratis.

"Untuk menjadi guru idaman siswa, guru dilarang lagi diktator. Siswa harus dirangkul dan didekati‎ biar ia merasa nyaman. Tidak adalagi guru angker siswa," ucapnya.

Selain itu, guru juga harus meningkatkan mutunya, terutama dari aspek akademis, psikologis, metodologis, dan sosiologis.

Guru harus punya kemampuan lebih dari siswa, alasannya yakni siswa masa 21 sangat cepat mendapatkan informasi. Psikologis guru juga menjadi penentu nyaman tidaknya siswa mendapatkan bahan yang diajarkan.

"Guru yang punya temperamen keras bisa memicu terjadinya tindak kekerasan.Nah, ini harus dicegah‎," tandasnya. (esy/jpnn)

0 Response to "Kriteria Guru Yang Dapat Menjadi Idaman Bagi Murid / Siswanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel