Macam-Macam Jenis Ptk / Penelitian Tindakan Kelas
Ada empat jenis PTK, yaitu: (1) PTK diasnogtik, (2) PTK partisipan, (3) PTK empiris, dan (4) PTK eksperimental (Chein, 1990). Untuk lebih jelas, diberikut dikemukakan secara singkat terkena keempat jenis PTK tersebut.
PTK Diagnostik; yang dimaksud dengan PTK diagnostik yaitu penelitian yang dirancang dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan. Dalam hal ini peneliti mendiagnosia dan memasuki situasi yang terdapat di dalam latar penelitian. Sebagai misalnya yaitu apabila peneliti berupaya menangani perselisihan, pertengkaran, konflik yang dilakukan antar siswa yang terdapat di suatu sekolah atau kelas.
PTK Partisipan; suatu penelitian dikatakan sebagai PTK partisipan yaitu apabila orang yang akan melakukan penelian harus terlibat eksklusif dalam proses penelitian semenjak pertama hingga dengan hasil penelitian berupa laporan. melaluiataubersamaini demikian, semenjak penencanan pgualitian peneliti senantiasa terlibat, selanjutnya peneliti memantau, mencacat, dan mengumpulkan data, kemudian menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil pgualitiannya.
PTK partisipasi sanggup juga dilakukan di sekolah ibarat halnya pola pada butir a di atas. Hanya saja, di sini peneliti dituntut keterlibatannya secara eksklusif dan terus-menerus semenjak pertama hingga berakhir penelitian.
PTK Empiris; yang dimaksud dengan PTK empiris yaitu apabila peneliti berupaya melakukan sesuatu tindakan atau agresi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama agresi berlangsung. Pada prinsipnya proses penelitinya berkenan dengan penyimpanan catatan dan pengumpulan pengalaman penelti dalam pekerjaan sehari-hari.
PTK Eksperimental; yang dikategorikan sebagai PTK eksperimental yaitu apabila PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan banyak sekali metode atau taktik secara efektif dan efisien di dalam suatu kegiatam belajar-mengajar.
Di dalam kaitanya dengan kegitan belajar-mengajar, dimungkinkan terdapat lebih dari satu taktik atau metode yang diputuskan untuk mencapai suatu tujuan instruksional. melaluiataubersamaini diterapkannya PTK ini diperlukan peneliti sanggup memilih cara mana yang paling efektif dalam rangka untuk mencapai tujuan pengajaran.
Oleh: Drs. Tatang Sunendar, M.Si. – LPMP Jabar
0 Response to "Macam-Macam Jenis Ptk / Penelitian Tindakan Kelas"
Posting Komentar