Prinsip-Prinsip Supervisi

Secara sederhana prinsip-prinsip supervisi ialah sebagai diberikut :

1.   Supervisi hendaknya mempersembahkan rasa kondusif kepada pihak yang disupervisi.
2.   Supervisi hendaknya bersifat Kontrukstif dan Kreatif
3.   Supervisi hendaknya realistis didasarkan pada keadaan dan kenyataan sebenarnya.
4.   Kegiatan supervisi hendaknya terealisasi dengan sederhana.
5.   Dalam pelaksanaan supervisi hendaknya terjalin hubungan profesional, bukan didasarkan atas hubungan pribadi.
6.   Supervisi hendaknya didasarkan pada kemampuan, kesanggupan, kondisi dan perilaku pihak yang disupervisi.
7.   Supervisi harus menolong guru biar senantiasa tumbuh sendiri tidak tergantung pada kepala sekolah

Pendapat lain terkena Prinsip-prinsip Supervisi ialah :

a.   Supervisi bersifat mempersembahkan bimbingan dan mempersembahkan menolongan kepada guru dan staf sekolah lain untuk mengatasi problem dan mengatasi kesusahan dan bukan mencari-cari kesalahan.
b.   Pemdiberian menolongan dan bimbingan dilakukan secara langsung, artinya bahwa pihak yang menerima menolongan dan bimbingan tersebut tanpa dipaksa atau dibukakan hatinya sanggup merasa sendiri serta sepadan dengan kemampuan untuk sanggup mengatasi sendiri.
c.   Apabila supervisor merencanakan akan mempersembahkan masukan atau umpan balik, sebaiknya disampaikan sesegera mungkin biar tidak lupa. Sebaiknya supervisor mempersembahkan peluang kepada pihak yang disupervisi untuk mengajukan pertanyaan atau tanggapan.
d.   Kegiatan supervisi sebaiknya dilakukan secara terencana contohnya 3 bulan sekali, bukan berdasarkan minat dan peluang yang dimiliki oleh supervisor.
e.   Suasana yang terjadi selama supervisi berlangsung hendaknya mencerminkan adanya hubungan yang baik antara supervisor dan yang disupervisi tercipta suasana kemitraan yang akrab. Hal ini bertujuan biar pihak yang disupervisi tidak akan segan-segan mengemukakan pendapat ihwal kesusahan yang dihadapi atau belum sempurnanya yang dimiliki.
f.    Untuk menjaga biar apa yang dilakukan dan yang ditemukan tidak hilang atau terlupakan, sebaiknya supervisor membuat catatan singkat, meliputi hal – hal penting yang diharapkan untuk membuat laporan.

Sedangkan berdasarkan Tahalele dan Indrafachrudi (1975)    prinsip-prinsip supervisi sebagai diberikut :

Baca Juga


a.   Supervisi harus dilaksanakan secara demokratis dan kooperatif,
b.   Supervisi harus kreatif dan konstruktif,
c.   Supervisi harus ”scientific” dan efektif, 
d.   Supervisi harus sanggup memdiberi perasaan kondusif pada guru-guru,
e.   Supervisi harus berdasarkan kenyataan,
f.    Supervisi harus memdiberi peluang kepada supervisor dan guru-guru untuk mengadakan “self evaluation
g.   Karena prinsip-prinsip supervisi di atas ialah kaidah-kaidah yang harus dipedomani atau dijadikan landasan di dalam melaksanakan supervisi, maka hal itu menerima perhatian yang sungguh-sungguh dari para supervisor, baik dalam konteks hubungan supervisor - guru, maupun di dalam proses pelaksanaan supervisi.

Related Posts

0 Response to "Prinsip-Prinsip Supervisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel