Verval Proses Pembelajaran / Verval Pp Tahun 2016
Verifikasi dan validasi data proses pembelajaran yakni suatu proses investigasi kebenaran data agregat yang dihasilkan dari pengolahan data individual dan sekaligus memperbaikinya apabila terjadi kesalahan sesuai dengan hukum yang sudah diputuskan sehingga data menjadi benar (valid).
Mengapa perlu diverval? Hal ini sebab untuk mengeliminasi ketidakakuratan data dengan mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta Peraturan BAN-SM dalam bentuk indikator, sehingga data menjadi valid (benar).
Data Proses Pembelajaran
Mencakup agregat data dari tiga komponen DAPODIK yaitu :
1. Peserta Didik,
2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
3. Satuan pendidikan
Yang dikaitkan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta Peraturan BAN-SM dalam bentuk indikator sebagai acuan.
Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP)
Tujuan Verval :
1. untuk melaksanakan verifikasi dan validasi kesesuaian data proses pembelajaran setiap satuan pendidikan per kabupaten/kota menurut standard (SNP dan SPM) yang sudah ditentukan dalam bentuk indikator.
2. Output dari aplikasi ini menghasilkan isu wacana citra kondisi proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan di Kabupaten/kota, sebagai materi masukan kebijakan pendidikan dalam rangka training Satuan Pendidikan.
Teknik Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP)
Untuk melaksanakan Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP) silahkan kunjungi halaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/beranda.php. Selengkapnya silahkan unduh isu lengkap wacana Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP) melalui tautan diberikut. Situs ini menyajikan sistem verifikasi validasi data proses pembelajaran pada tingkat entitas satuan pendidikan (meliputi penerima didik. pendidik dan masukana-pramasukana) yang mengacu pada SPM (Standard Pelayanan Minimal) dan SNP (Standard Nasional Pendidikan).
Proses verifikasi dan validasi data dilakukan dengan formula/parameter yang berbasis pada indikator pendidikan yang tertuang dalam SPM dan SNP. Pada tahap pertama jumlah formula/parameter masih sangat tebatas, dan akan terus dikembangkan. Sistem ini menghasilkan catatan-catatan kesesuaian dan konsistensi terhadap proses berguru mengajar setiap satuan pendidikan dengan standard yang sudah ditentukan. Implikasi dari hasil sistem ini yakni sebagai materi masukan pada penentu kebijakan wacana kondisi proses berguru mengajar pada setiap entitas satuan pendidikan, yang selanjutnya sanggup di susun intervensi kebijakan yang tepat.
Demikian isu terkena Teknik dan Mekanisme Verval Data Proses Pembelajaran, agar bermanfaa bagi kita tiruana.
0 Response to "Verval Proses Pembelajaran / Verval Pp Tahun 2016"
Posting Komentar