Proses Menuli Ptk Sesuai Buku Anutan 4
Berlakunya Permen PAN No 16 Tahun 2009 terkena jabatan fungsional guru dan angka kreditnya menuntut guru untuk sanggup membuat karya ilmiah (penelitian). Dari golongan III/b ke III/c saja guru harus sanggup membuat karya ilmiah minimal 1 karya tulis (dengan angka kredit 4). Jika ke golongan lebih tinggi, maka karya ilmiah yang harus dibentuk jadi lebih banyak.
Salah satu karya tulis yang bias guru buat yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini disebabkan lantaran penelitian ini sejalan dengan kiprah guru yaitu melaksanakan pembelajaran di kelas. Namun tidak jarang banyak guru yang frustasi dan menempuh jalan singkat membeli PTK. Penyebabnya yaitu lantaran PTK yang mereka buat sendiri ditolak oleh Tim Penilai Jafung Guru dengan bermacam alasan.
Agar PTK sanggup diterima oleh Tim Penilai Jafung Guru, hendaknya guru memperhatikan hal-hal diberikut dalam membuat PTK.
Asli
Laporan yang dibentuk benar-benar ialah karya orisinil dalam penyusunnya, bukan ialah plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat dan mekanisme yang tidak jujur.
Ciri PTK yang tidak asli.
adanya bagian-bagian goresan pena yang dirubah di sana-sini, bentuk ketikan yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak sesuai, terdapat aneka macam data yang tidak konsisten, tidak akurat; antara lain ditandai oleh:
waktu pelaksanaan acara yang kurang wajar;
danya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain; dan
tidak adanya lampiran dokumen-dokumen acara yang sanggup mempersembahkan bukti bahwa acara itu sudah dilaksanakan.
Perlu
Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang dibutuhkan dan memiliki manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.
Ciri PTK yang dikatakan tidak memenuhi syarat Perlu
masalah yang dikaji terlalu luas, dan
tidak eksklusif berafiliasi dengan permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi dari guru yang bersangkutan.
Ilmiah
Laporan disajikan dengan menggunakan kerangka isi dan memiliki kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengkuti kerangka isi yang sudah diputuskan.
Ciri PTK yang tidak Ilmiah
latar belakang duduk kasus yang tidak terang sehingga tidak sanggup menunjukkan pentingnya hal yang dibahas dan hubungan duduk kasus tersebut dengan upayanya untuk menyebarkan profesinya; antara lain ditandai dengan adanya:
kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran analisisnya;
kesimpulan yang tidak/belum menjawaban permasalahan yang diajukan.
Konsisten
misal Judul PTK Pendidikan Download
Isi laporan harus sesuai dengan kiprah pokok penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah berada pada bidang kiprah guru yang bersangkutan, dan memasalahkan tentang kiprah pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah/madrasahnya.
Ciri PTK yang tidak Konsisten
masalah yang dikaji tidak sesuai dengan kiprah si penulis, atau atau kiprah pokok penulisnya; terlihat dari:
masalah yang dikaji tidak berkaitan dengan upaya penulis untuk menyebarkan profesinya. Jika kita sudah membuat PTK dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka tidak akan ada alasan lagi Tim Penilai Jafung untuk menolak PTK yang dibuat.
0 Response to "Proses Menuli Ptk Sesuai Buku Anutan 4"
Posting Komentar