Format Rpp Kurikulum 2013 Yang Benar Dan Lengkap

Mempertimbangkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 wacana Pembelajaran padaP endidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional sanggup diwujudkan dalam pola format RPP diberikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP...)

Sekolah                :
Mata Pelajaran       :
Kelas/ Semester    :
Materi Pokok         :
Alokasi Waktu       :

A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran reguler
2. Materi pembelajaran pengayaan
3. Materi pembelajaranp remedial
E. Metode Pembelajaran
F. Media dan Bahan
G. Sumber Belajar
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Penlampauan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan kedua
….
Dst…
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
2.Pembelajaran remedial
3. Pembelajaran pengayaan
                                                                                                                     Jakarta, ......, .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengah Pertama


_____________________________
NIP. ...
5. Penulisan isi setiap komponen dalam RPP

Di bawah ini yaitu petunjuk cara menulis RPP menurut pola format di atas.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Sekolah              : … (Misal: Sekolah Menengah Pertama .......)
Mata Pelajaran    : ... (Misal: Matematika)
Kelas/Semester   : … (Misal: VII/Dua)
Materi Pokok      : ... (Misal: Aritmetika Sosial)
Alokasi Waktu     : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))

A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.

CONTOH

KI-1    : Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
KI-2    : Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3    : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4    : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Petunjuk:

1.   Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.   Indikator ialah jabaran dari KD.
3.   Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4.   Indikator KD dari KI-3 mencakup beberapa aspek pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
5.
CONTOH
KD
Indikator
KD dari KI-1 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian

C. Tujuan Pembelajaran

Petunjuk:

1.   Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.   Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak sanggup diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3.   Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih sanggup dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4.   Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5.   Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.

CONTOH

Pertemuan pertama

Sesudah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran penerima didik dapat:

1. ...
2. ...
3. ...
Dst.

Pertemuan kedua

Sesudah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran penerima didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.

Fokus penguatan karakter:

(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara berkala ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud yaitu nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan serius dipilih menurut kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda). 

misal: kejujuran, kedisiplinan 

D. Materi Pembelajaran 

Petunjuk:

1.   Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2.   Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup beberapa aspek pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sesuai tuntutan/kandungan KD 

CONTOH 

1.  Materi pembelajaran reguler

… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh
KD).

1 Teks ... (contoh teks terlampir)
2 Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
3 Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
4 Grammar: ... (uraian singkat terlampir)
5 Kosakata terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
6 Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)

2.  Materi pembelajaran pengayaan

… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang
dicakup oleh materi pembelajaran reguler).

a. Grammar: ... (uraian singkat terlampir)
b. Kosakata terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
c. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)

3.  Materi pembelajaran remedial

… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan susah dikuasai oleh
sebagian/seluruh penerima didik).
a. Grammar: ...
b. Kosakata terkait dengan tema ...

E. Metode Pembelajaran

Petunjuk:

1.   Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2.   Metode pembelajaran yang dipilih yaitu pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi penerima didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan kala 21.

CONTOH

Pembelajaran dengan Metode Ilmiah 

F. Media dan Bahan

Petunjuk:

1. Media

Tulis spesifikasi tiruana media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.).

CONTOH 

a.   Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b.   Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c.   Model: Nama model yang dimaksud
d.   Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e.   Realia: Nama benda yang dimaksud

2. Bahan

Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) tiruana materi yang diperlukan.

G. Sumber Belajar

Petunjuk:

Tulis spesifikasi tiruana sumber berguru (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).

CONTOH

1.   Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2.   Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3.   Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4.   Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5.   Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6.   Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7.   Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8.   Lainnya (sesuai dengan hukum yang berlaku)

5.  Pelaksanaan Pembelajaran

a.  Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran

1)  Alokasi Waktu Jam Tatap Muka Pembelajaran
a) SD/MI : 35 menit
b) SMP/MTs : 40 menit
c) SMA/MA : 45 menit
d) SMK/MAK : 45 menit

2)  Rombongan berguru

Jumlah rombongan berguru per satuan pendidikan dan jumlah maksimum penerima didik dalam setiap rombongan berguru ditetapkan
No
Satuan Pendidikan
Jumlah Rombongan Belajar
Jumlah Maksimum Peserta Didik Per Rombongan Belajar
1
SD/MI
6-24
28
2
SMP/MTs
3-33
32
3
SMA/MA
3-36
36
4
SMK
3-72
36
5
SDLB
6
5
6
SMPLB
3
8
7
SMALB
3
8

3) Buku Teks Pelajaran

Buku teks pelajaran dipakai untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran yang jumlahnya diubahsuaikan dengan kebutuhan penerima didik.

4) Pengelolaan Kelas dan Laboratorium

a)   Guru wajib menjadi teladan yang baik bagi penerima didik dalam menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya serta mewujudkan kerukunan dalam kehidupan bersama.
b)   Guru wajib menjadi teladan bagi penerima didik dalam menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan memberikan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
c)   Guru menyesuaikan pengaturan daerah duduk penerima didik dan sumber daya lain sesuai dengan tujuan dan karakteristik proses pembelajaran.
d)   Volume dan intonasi bunyi guru dalam proses pembelajaran harus sanggup didengar dengan baik oleh penerima didik.
e)   Guru wajib memakai kata-kata santun, lugas dan simpel dimengerti oleh penerima didik.
f)    Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan berguru penerima didik.
g)   Guru membuat ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
h)   Guru mempersembahkan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil berguru penerima didik selama proses pembelajaran berlangsung.
i)    Guru mendorong dan menghargai penerima didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat.
j)    Guru berpakaian sopan, membersihkan, dan rapi.
k)   Pada tiap pertama semester, guru mengambarkan kepada penerima didik silabus mata pelajaran; dan
l)    Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

b. Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran ialah implementasi dari RPP, mencakup kegiatan penlampauan, inti dan penutup.

1) Kegiatan Penlampauan

Dalam kegiatan penlampauan, guru wajib:

a)   menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b)   memdiberi motivasi berguru penerima didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi asuh dalam kehidupan sehari-hari, dengan mempersembahkan pola dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta diubahsuaikan dengan karakteristik dan jenjang penerima didik;
c)   mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d)   menerangkan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e)   menyampaikan cakupan materi dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.

2) Kegiatan Inti

Kegiatan inti memakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan persoalan (project based learning) diubahsuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

a) Sikap

Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih yaitu proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan. Seluruh acara pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong penerima didik untuk melakuan acara tersebut.

b) Pengetahuan

Pengetahuan dimiliki melalui acara mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta. Karakteritik aktivititas berguru dalam domain pengetahuan ini mempunyai perbedaan dan kesamaan dengan acara berguru dalam domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat dimasukankan untuk menerapkan berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong penerima didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, dimasukankan yang menghasilkan karya berbasis pemecahan persoalan (project based learning).

c) Keterampilan

Keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi materi (topik dan sub topik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong penerima didik untuk melaksanakan proses pengamatan sampai penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melaksanakan pembelajaran yang menerapkan modus berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan persoalan (project based learning).

3) Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru bersama penerima didik baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi:

a)   seluruh rangkaian acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung;
b)   mempersembahkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c)   melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemdiberian tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan
d)   menginformasikan planning kegiatan pembelajaran untuk pertemuan diberikutnya.

0 Response to "Format Rpp Kurikulum 2013 Yang Benar Dan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel