Ketentuan Pelaksanaan Osn Sd Tahun 2017 Bidang Ipa (Tujuan, Materi, Teknik Pelaksanaan, Dan Kriteria Penilaian)
a. Tujuan
Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan biar siswa bisa memahami dan menganalisa fenomena alam di sekitar kita.
b. Materi
1) Keterampilan dan metode ilmiah;
2) Pengklasifikasian makhluk hidup menurut makanan, anatomi, sistematik, dan habitat;
3) Proses dan prosedur yang terjadi pada makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme);
4) Interaksi organisme dengan lingkungan dan gosip terkena binatang langka;
5) Isu, perkembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, lingkungan dan teknologi;
6) Benda, yang mencakup beberapa aspek sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, dan gas;
7) Energi dan perubahannya, yang mencakup beberapa aspek gaya, gerah, cahaya, bunyi, listrik, magnet, dan penerapan sains;
8) Tata surya dan galaksi: proses terbentuknya plguat, struktur plguat, iklim, rotasi dan revolusi benda langit, bintang dan galaksi.
c. Teknis Pelaksanaan
1) Penjelasan teknis akan didiberikan oleh panitia pelaksana OSN-SD tahun 2017 sebelum pelaksanaan tes berlangsung dan harus diikuti oleh Pembina dan Ketua Tim. Penjelasan ini dimaksudkan untuk mempersembahkan citra kepada para Pembina dan Ketua Tim terkena hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan tes.
2) Semua akseptor OSN-SD tahun 2017 diwajibkan mengikuti seluruh tes yang sudah disediakan, yaitu tes teori dan eksperimen.
3) Tes akan dilaksanakan dalam dua hari dengan rincian sebagai diberikut:
a) Hari pertama, akseptor menuntaskan soal Tes I dalam bentuk pilihan ganda (30 soal) dan isian singkat (10 soal), serta Tes II dalam bentuk uraian (12 soal).
b) Hari kedua, akseptor melaksanakan eksperimen dan menganalisis hasil yang diperoleh.
4) Skema evaluasi dibentuk oleh tim juri dan disosialisasikan/didiskusikan dengan Pembina masing-masing provinsi.
5) Jawaban akseptor digandakan 1 rangkap:
a) Asli untuk Tim Juri dan diserahkan ke panitia setelah dinilai
b) Satu copy untuk Tim Pembina
6) Tim juri dan tim pembina bidang IPA melaksanakan evaluasi terhadap jawabanan akseptor OSN-SD dengan denah evaluasi yang sudah ditentukan.
7) Pembina bidang IPA didiberi peluang untuk menanggapi evaluasi tim juri dalam lembaga moderasi. Tanggapan terhadap jawabanan didasarkan pada kaidah keilmuan yang ada dan lazim dipakai dalam forum-forum ilmiah. Tanggapan di luar lembaga ini tidak akan diperhatikan dan tidak menghipnotis penilaian. Peserta moderasi yaitu seorang pembina bidang IPA.
d. Kriteria Penilaian
Nilai total akseptor diperoleh dengan menjumlahkan presentase nilai tes teori dan eksperimen dengan komposisi sebagai diberikut:
1. Tes I mempunyai bobot 30%.
2. Tes II mempunyai bobot 30%.
0 Response to "Ketentuan Pelaksanaan Osn Sd Tahun 2017 Bidang Ipa (Tujuan, Materi, Teknik Pelaksanaan, Dan Kriteria Penilaian)"
Posting Komentar