Macam-Macam Perbaikan Di Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan semenjak digulirkannya pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 160 tahun 2014 wacana Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan semoga selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI-KD, silabus, pandangan gres pembelajaran, panduan pembelajaran, evaluasi hasil pelajar dan satuan pe, dan buku teks.
Perbaikan tersebut dilaksanakan menurut prinsip perbaikan kurikulum sebagai diberikut.
1. Keselarasan
Dokumen KI-KD, Silabus, pandangan gres Pembelajaran, Buku Teks Pelajaran, Panduan Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan satuan pendidikan harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi.
2. cepatdangampang Dipelajari
Lingkup kompetensi dan bahan yang dirumuskan dalam KD simpel dipelajari oleh penerima didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
3. cepatdangampang Dibelajarkan
Lingkup kompetensi dan bahan yang dirumuskan pada KD simpel dibelajarkan oleh guru sesuai dengan gaya berguru penerima didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber berguru yang ada di lingkungan.
4. Terukur
Kompetensi dan bahan yang dibelajarkan terukur melalui indikator yang simpel dirumuskan dan layak dilaksanakan.
5. Bermakna untuk Dipelajari
Kompetensi dan bahan yang dibelajarkan memiliki kebermaknaan bagi penerima didik sebagai bekal kehidupan.
0 Response to "Macam-Macam Perbaikan Di Kurikulum 2013"
Posting Komentar