Teknik Evaluasi Hasil Berguru Oleh Pendidik / Guru

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik memakai aneka macam instrumen evaluasi berupa tes, pengamatan, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan akseptor didik. 

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar. Hasil evaluasi pencapaian pengetahuan dan keterampilan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi. Peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti pembelajaran remedi.

Penilaian perilaku dilakukan dengan metode observasi atau metode lainnya yang relevan, Teknik evaluasi observasi sanggup memakai instrumen berupa lembar observasi, atau buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Teknik evaluasi lain yang sanggup dipakai yakni evaluasi diri dan evaluasi antar kawan. Penilaian diri dan evaluasi antar mitra sanggup dilakukan dalam rangka training dan pembentukan abjad akseptor didik, yang alhasil sanggup dijadikan sebagai salah satu data konfirmasi dari hasil evaluasi perilaku oleh pendidik. Hasil evaluasi pencapaian perilaku oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi.

Penilaian pengetahuan dilakukan dengan aneka macam metode. Pendidik sanggup menentukan metode evaluasi yang paling sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, indikator, atau tujuan pembelajaran yang akan dinilai. Segala sesuatu yang akan dilakukan dalam proses evaluasi perlu diputuskan terlebih lampau pada ketika menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang biasa dipakai yakni tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Hasil evaluasi pencapaian pengetahuan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/ atau deskripsi.

Penilaian keterampilan yakni evaluasi yang dilakukan untuk menilai kemampuan akseptor didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu di aneka macam macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan aneka macam metode, antara lain evaluasi praktik, evaluasi produk, evaluasi proyek, dan evaluasi portofolio. Teknik evaluasi keterampilan yang dipakai dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4. Hasil evaluasi pencapaian keterampilan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi.

0 Response to "Teknik Evaluasi Hasil Berguru Oleh Pendidik / Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel